Minggu, 22 November 2009

Tugas Pemasaran

PROMOSI MANAJEMEN PERIKLANAN

Pengertian periklanan
Periklanan adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antar penjual dan pembeli dengan segala macam bentuk komunikasi yang dibayar dimana sponsor maupun perusahaan diidentifikasi seperti televise,radio,koran,majalah,buku,surat langsung,papan reklame,dan kartu transit,internet,computer dan mesin faximili.
Salah satu keuntungan dari periklanan adalah kemampuannya untuk mengomunikasikan kepada sejumlah besar orang pada satu waktu.Iklan memiliki keunggulan untuk mampu menjangkau massa misalnya melalui jaringan televisi nasional,tetapi juga mungkin hanya menjangkau target yang sempit dari sejumlah calon pelanggan,seperti iklan televisi melalui jaringan kabelyang ditargetkan atau melalui iklan cetak dalam majalah perdagangan.
Menurut C.Northcote Porkinson MK Rustomiji,Walter E. Viera (Marius P Angipora:1999) “iklan adalah promosi produksi atau pelayanan non individu yang dilakukan oleh sponsor(perusahaan atau perseorangan) tertentu yang bisa diidentifikasi dan yang membayar biaya komunikasi ini”
Sedangkan menurut Drs. Basu Swastha (1999)
“periklanan adalah komunikasi non individu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan perusahaan,lembaga,non lembaga,non laba,serta individu-individu.”

Fungsi periklanan antara lain :
-Membantu memperkenalkan barang/jasa baru dan kepada siapa atau dimana barang itu dapat diperoleh.
-Membantu dan mempermudah penjualan yang dilakukan aleh para penyalur.
-Membantu salesman mengenalkan adanya barang/jasa tertentu dan pembuatannya.
-Memberikan atau penjualan kepada pembeli atau calon-calon pembeli.
-Membantu mereka yang melakukan penjualan.
-Membantu ekspansi pasar.
Sedangkan periklanan yang berhasil dapat memberikan keuntungan-keuntungan atau kebaikan-kebaikan antara lain:
>Penghematan biaya.
>Dapat mencapai sasaran yang dimaksud.
>Selalu mengingatkan kepada pembeli atau calon-calon pembeli.
>Membentuk produk motivasi.

Periklanan(Adversiting) adalah kegiatan untuk menawarkan barang kepada orang banyak melalui berbagai media iklan pada waktu yang sama.Media yang dipakai bermacam-macam mengikuti perkembangan jaman seperti surat kabar,majalah,radio,televisi,poster,sticker,spanduk,kalender,dan lain-lainnya.

Tujuan Periklanan
Aspek terpenting dalam manajemen adalah menentukan tujuan.Tanpa tujuan yang baik tidak mungkin mengarahkan dan mengendalikan keputusan.

Tujuan-tujuan periklanan adalah tujuan-tujuan yang diupayakan untuk dicapai oleh periklanan.Suatu tujuan memiliki sejumlah fungsi dalam manajemen,yaitu:mempercepat,merangsang,mengubah atau mempengaruhi perilaku konsumen atau calon konsumen.

Dilihat dari tujuannya,ada beberapa jenis iklan,yakni : commercial advertising,corporate adversiting, dan public service adversiting .

1.Comercial Adversiting.Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa.Iklan komersial ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam.

• Iklan strategis.Digunakan untuk membangun merek.Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek danm manfaat produk.Perhatian utama dalam jangka panjang adalah memposisikan merek serta membangun pangsa pikiran dan pangsa pasar.Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.
• Iklan Taktis.Memiliki tujuan yang mendesak.Iklan ini dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu.Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.

2.Corporate advertising.Iklan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif produk-produk atau jasa yang dproduksi oleh perusahaan tersebut.Iklan corporate akan efektif bila didukung oleh fakta yang kuat dan relavan dngan masyarakat,mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat.Iklan Corporate merupakan bentuk lain dari iklan strategis ketika sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan nilai-nilai korporatnya kepada Public.
Iklan Corporate sering kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan,komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu,peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang baru atau megkomunikasikan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

3.Public Service Adversiting.Iklan Layanan Masyarakat merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat.Biasanya pesan Iklan Layanan Masyarakat berupa ajakan pernyataan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau merubah perilaku yang”tidak baik” supaya menjadi lebih baik,misalnya masalah kenersihan lingkungan,mendorong penghargaan terhadap perbedaan pendapat,keluarga berencana dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar