Jumat, 11 Maret 2011

Cara-cara Penyelesaian Sengketa Ekonomi Dengan cara Enquiry

Nama : Safira Kamila
NPM : 23209826
Kelas : 2Eb06
2. Enquiry (penyelidikan)
J.G.Merrills menyatakan bahwa salah satu penyebab munculnya sengketa antar negara adalah karena adanya ketidaksepakatan para pihak mengenai fakta. Untuk menyelesaikan sengketa ini, akan bergantung pada penguraian fakta-fakta para pihak yang tidak disepakati. Untuk menyelesaikan sengketa tersebut, para pihak kemudian membentuk sebuah badan yang bertugas untuk menyelidiki fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Fakta-fakta yang ditemukan ini kemudian dilaporakan kepada para pihak, sehingga para pihak dapat menyelesaikan sengketa diantara mereka.
Dalam beberapa kasus, badan yang bertugas untuk menyelidiki fakta-fakta dalam sengketa internasional dibuat oleh PBB. Namun dalam konteks ini, enquiry yang dimaksud adalah sebuah badan yang dibentuk oleh negara yang bersengketa. Enquiry telah dikenal sebagai salah satu cara untuk menyelesaikan sengketa internasional semenjak lahirnya The Hague Convention pada tahun 1899, yang kemudian diteruskan pada tahun 1907.
Contohnya:
Penyelidikan tentang bagaimana seorang siswa tidak dapat mengiuti setiap pelajaran yang diberikan disekolah. Salah satu penyebabnya ialah adanya rasa malas yang dihadapi setiap siswa.
Factor penyebabnya ialah: adanya tayangan televisi, game dan internet. Sehingga prestasi disekolah pun menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar